Sabtu, 29 November 2008

ANTARA JILBAB KETAT, G-STRING DAN MODERNISASI




Saya menulis ini hanya untuk fun saja tanpa telaah yang mendalam. Hanya berdasarkan yang saya lihat di lapangan, kemudian sedikit saya pikirkan terus saya ketik langsung dalam postingan ini. So…kalo ada fakta yang terlewat dan dalil yang keliru mohon dimaafkan kiranya.

Saya adalah orang yang bekerja di ruang public atau keramaian sehingga sedikit banyak sering mengamati tingkah laku dan gaya hidup orang-orang yang berlalu lalang di depan hidung saya. Salah satu yang menarik perhatian adalah gaya berpakaian remaja atau generasi muda perempuan kita sekarang ini. Bukannya mau pukul rata, tapi saya bisa memastikan bahwa remaja putri sekarang terkesan lebih bebas dan leluasa dalam berbusana dibandingkan dulu. Mereka terkesan ingin lebih mengeksplore potensi keperempuannya seperti bentuk tubuh yang ramping, dada yang montok ataupun bokong yang seksi. Alhasil seperti yang sering kita lihat, model-model pakaian remaja putri zaman sekarang adalah yang you can see dan serba pendek ataupun juga yang super ketat.

Trend inipun merambah pula ke busana muslim. Lihatlah jilbab-jilbab ( kalo tidak bisa dikatakan penutup kepala ) model sekarang. Seperti assesoris yang dililitkan di kepala saja, dengan kaos dan jeans ketat yang membungkus lekuk tubuh yang tercetak dengan jelas. Apabila mereka membungkuk atau membonceng kendaraan bermotor maka jeans itu akan segera tertarik ke bawah dan segeralah terlihat celana dalam atau g-stringnya. Sebagai lelaki normal saya sering tertawa sendiri melihat hal itu sekaligus bersyukur karena nikmat pemandangan yang gratis itu…hehe. Di lain pihak juga prihatin karena maksud jilbab yang sebenarnya menjadi demikian kabur. Alih-alih untuk menutup aurat agar tidak merangsang syahwat tetapi malah membuat mata lelaki menjadi semakin jelalatan : D.

Saya kemudian teringat buku ‘Renungan dari Yogya’ karya antropolog UGM, almarhum Masri Singarimbun, beliau menaruh iba kepada remaja-remaja kita yang kini hidup dalam fase abad manusia yang seolah diperbudak oleh peradaban hanya karena sebuah tuntutan modernisasi ataupun globalisasi, yang menciptakan humanisme global yang kering akan nilai-nilai spritualisme dan religius. Satu sisi remaja putri (cewek) kita dituntut selalu kukuh dan patuh dengan aturan norma agama maupun sosial yang ada, namun dilain sisi teknologi dan kebudayaan merangsang pola pikir dan gaya hidup para remaja untuk selalu permisiv terhadap nilai-nilai globalisasi yang mengaburkan batas nilai antara norma moral dan agama itu sendiri.

Demikianlah, agar tidak dikatakan ketinggalan jaman ataupun tidak gaul seolah dijadikan pembenaran atas model berpakaian mereka. Fungsi pakaian yang sebenarnya yakni untuk melindungi tubuh dan menjaga kesopanan menjadi tak ada lagi. Mungkin hanya dari segi estetika atau keindahan saja fungsi pakaian zaman sekarang menemukan fungsinya. Tak terasa dengan sendirinya mereka telah tereksploitasi keperempuanannya oleh arus zaman yang terkadang malah memperbudak atau membatasi gerak-gerik dalam beraktivitas. Lihatlah remaja-remaja putri yang sedikit-sedikit harus menarik kaos ketatnya ke bawah karena g-stringnya menyembul ke atas itu : D.

Oh…ya, bagi Anda yang belum kenal g-string, saya beritahu sedikit. Ini adalah bentuk celana dalam yang ngetrend jaman sekarang. Bentuknya minimalis, mungkin hanya seutas tali plus sehelai benang yang menutup bongkahan pantat. Orang-orang ada yang menyebutnya cemas kependekan dari celana masuk s***t. Menurut kamus wikipedia g-string merupakan busana yang dikenakan manusia paling awal pada zaman dulu kala. Mungkinkah semboyan back to nature benar-benar terealisasi dengan ini, dimana dalam berpakaian pun seakan kita mengacu masa purba dulu. Entahlah…hehe.

Itulah tulisan saya kali ini. Hanya sambil lalu dan intermezo semata. Yang jelas, saya akui sejuju-jujurnya, jiwa lelaki saya tetap merasa girang apabila melihat perempuan memakai kaos dan jeans ketat yang apabila merunduk g-stringnya nongol keatas. Apalagi kalo cewek itu tinggi semampai dan berambut panjang kaya Luna Maya….Whakaka ! Gawat boss….





Label:

20 Komentar:

Pada 30 November 2008 10.37 , Blogger cahpesisiran mengatakan...

perpaduan yang lengkap ya Mbah..
religius, modern, gaul, dan seksehhh..
whekekekkek...

ck ck ck..
*geleng-geleng kepala*
tapi saya juga girang melihat yg spt luna maya *gubrakk*

 
Pada 1 Desember 2008 19.26 , Anonymous tukang Nggunem mengatakan...

Tulisan yang menarik, apalagi gambar2 ilustrasinya...Sebuah perpaduan yang sempurna antara penutup atas dan penutup bawah, liat ke atas teduh liat ke bawah panass, hehehe... G-ilbab dan G-string kan emang sodaraan, sama2 pake hurup G (diwoco "ji" nang boso enggres), hahaha... sisan ke le ngawur....

 
Pada 4 Desember 2008 13.46 , Blogger infogue mengatakan...

Artikel anda:

http://fashion.infogue.com/
http://fashion.infogue.com/antara_jilbab_ketat_g_string_dan_modernisasi

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

 
Pada 18 Desember 2008 13.11 , Blogger lovelydee mengatakan...

Hahaha... palingan juga kata temen-temen gaul mereka pake G-string tuh lagi IN, mode, klo ga pake ndeso. Atau bisa juga sengaja pengen memprovokasi para pria. Hehehehe.... Padahal terus terang aja pake G-string tuh ngganjel.. Palagi klo pake jeans. Enakan pake rok. Sekalian klo ada angin ketiup. Wuihhhh pasti tambah seru... dan saruuu... :P

 
Pada 23 Desember 2008 15.17 , Anonymous afie mengatakan...

hohoho, g-string bok....

 
Pada 2 Januari 2009 21.59 , Blogger Indri mengatakan...

Hadduuuhh OOzaaaaann!!!!
'Peka' kali dirimu mbaaahh!! hehehe..

 
Pada 2 Januari 2009 22.04 , Blogger Indri mengatakan...

Haduuuhh OOzaaannn!!! Kok susah masukin komen-nya? hehe...
Btw, 'peka' kali kau mbaaahhh!! hihi.. :p

 
Pada 3 Januari 2009 00.24 , Anonymous Anonim mengatakan...

anggarov (serpong city):

Hehehehe...
neng kenen luwi akeh bang...
tapi ono juga sing bedo, walopun clonne berbau hipster, tapi G-string'e (aku melu bahasa kerenmu) tetep ga ketok??!
Mboh kuwi nganggo oo ora, hehehehe...

Neng jare pak yai: nJeng nabi wis tau ngenDiko (intine), "beberapa contoh ahli narr sing durung pernah tak weruhi kuwi, ... (iki mergane aku lali), trus wong wadon sing nganggo klambi neng lenggak lenggok ketok koyo wudo"...
Lha kategori postinganmu klebu po ora hayoo???

 
Pada 30 Januari 2009 23.46 , Anonymous ipanks mengatakan...

bwakakak wow pemandangan yang sangat sangat sangat indah sekali hehehe

 
Pada 17 Juni 2009 14.29 , Anonymous valent mengatakan...

wah..... untuk apa pakai jilbab kalau masih seksi.............

 
Pada 17 Juni 2009 14.32 , Anonymous maulana mengatakan...

wahhhhhhhh.... pakai jilbab kok seksi..........

 
Pada 7 Juli 2009 23.55 , Anonymous JILBAB CANTIK mengatakan...

Wah angu jadi pengen lihat isinya tu.
Kalau pengen lihat jilbab yang cantik dan pure disini ne:(or JILBAB CANTIK)

http://kerudungmanis.blogspot.com/search?updated-max=2009-07-05T18%3A25%3A00%2B07%3A00&max-results=2

 
Pada 8 Mei 2010 04.39 , Blogger etikush mengatakan...

saya punya teman,
singkat ceritanya:
dia awalnya berkerudung+baju longgar,,
kemudian dia pacaran,
ciuman, dll,
trus dia ngerasa gak sesuci sebelumnya,
trus dia pke baju+kerudung ketat,
dan sekarang dia uda gak pke kerudung...

ini cuma curhatan temen saya tentang alasan dia yang pada akhirnya melepas kerudung,

tidak ada maksud menggeneralisir semua cewek kerudung

 
Pada 25 September 2010 12.55 , Blogger aby mengatakan...

iya mhah ya.... aku juga bingung, maksudnya opo to.....
alih2 pengen nutup aurat tapi malah maksiat yg didapat...

 
Pada 20 Desember 2010 21.01 , Anonymous Anonim mengatakan...

skedar curhat.. ce jilbab itu seksi n menggairahkan mnrt ku.. n pacar ku rata2 berjilbab (yagh masih jilbab modis/ ketat gitu sih).. maaf smua nya asik n jago pacaran (dalam hal sex).. maaf skali lagi maaf.. cuma curhat tanpa maksud apa2

 
Pada 20 Desember 2010 21.03 , Anonymous Jilbab SEKSI mengatakan...

skedar curhat.. ce jilbab itu seksi n menggairahkan mnrt ku.. n pacar ku rata2 berjilbab (yagh masih jilbab modis/ ketat gitu sih).. maaf smua nya asik n jago pacaran (dalam hal sex).. maaf skali lagi maaf.. cuma curhat tanpa maksud apa2

 
Pada 7 November 2011 07.38 , Anonymous Laidien mengatakan...

memang semua orang idnonesia sudah kerasukan tak hanya ceweknya buktinya cowoknya juga yang selalu nyari nyari yang sempit aja. sampe sampe yang tak sengaja dibuang eh malah dipinang.

 
Pada 28 November 2011 10.17 , Blogger pustaka ilmu mengatakan...

http://jilbabfacebook.blogspot.com/
foto ce berjilbab di facebook

 
Pada 28 Januari 2012 09.38 , Anonymous GO-LeM mengatakan...

pertamax di 2012
hmmm.. memang susah jaga pandangan.. harus gimana ya..

 
Pada 10 September 2012 11.56 , Anonymous Exsak mengatakan...

Tulisan bagus, mengankat realita pada saat ini. Saya juta tidak habis pikir tentang gaya busana cewek sekarang ini terutama yang berjilbab modis. Ketika kuliah pernah duduk dibelakang cewek yg keliatan celdamnya. hu...! mereka berjilbab beralasan mematuhi norma agama tapi kenyataanya menghianati.

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda